Senin, 03 Juni 2013

Tahap PDKT via Chat atau SMS

Yapp, kata siapa PDKT ga boleh lewat chatting, sms, atau dari dunia maya. Yang katanya banci lah, pengecut lah, ga berani nyamperin lah. Hahahaha, thats their opinion :D
Memang, dilihat dari segi PDKT, ada 2 tipe cewe. Tipe pertama adalah yang bisa didekatin pake cara komunikasi tidak langsung. Tipe kedua adalah cewe yang super selektif dan tidak menerima pendekatan dari jalur komunikasi tidak langsung.
Tipe cewe kedua biasanya sudah terlalu sering mendapat sms, email, ato chat dengan cowo-cowo “haus” yang berusaha mendekati dia. Maka wajar jika dia sengaja menutup jalur tersebut. Tapi ada juga kemungkinan kalo cewe tipe ini adalah cewe yang sok jual mahal. Percaya lah teman, yang kaya gitu ga layak banget buat didapetin.
Nah kita balik ke tipe cewe pertama. Mereka biasanya punya ciri utama: mudah bergaul dengan siapa saja, hangat, dan punya reputasi yang baik sebagai teman curhat atau mak comblang.
Yap, masih banyak kok cewe seperti itu, dan percaya ama gue bro, mereka bisa menjadi pasangan yang baek buat lu (pengalaman pribadi nih ceritanya :D )
PDKT ngga langsung, ada juga tahapan-tahapannya, sama seperti PDKT langsung. Yang mana tahapan tersebut harus dilalui satu per satu secara berurutan jika ingin mendapatkan hasil yang diharapkan. Ingat, cewe jelas akan lebih selektif terhadap PDKT dari jalur sms/chat, karena lu yang lewat jalur ini sudah dilabelin ama cewe tersebut: cowo yang kurang berani. Hal itu jelas tak bisa terbantahkan, tapi yang jadi tugas lu adalah membuktikan bahwa kualitas lu sebagai cowo tidak bisa sekedar dijudge dari segi jalur PDKT bukan? :)
——————————————————————–
1. Catching the attention
Pada tahap ini dia baru kenal lu, tentunya setelah lu ngenalin nama lu ke dia. Liat respon dia secara umum, apakah dia emang cewe tipe pertama? Bener-bener lu teliti respon dia terhadap message perkenalan lu. Apakah dia balesnya cepet? Apakah dia balesnya panjang-panjang? Atau malah sebaliknya?
Tanamkan prinsip yang ini dalam benak lu selalu: jika si cewe ngga responsif, ada dua kemungkinannya. Pertama mungkin cara lu memperkenalkan diri terlalu umum, terlalu lumrah, terlalu biasa, ngga menarik perhatian dia, sehingga kesan pertama cewe adalah “ah ini cowo sama aja kaya cowo-cowo yang abis kenalan ama gue kemaren”. Kemungkinan kedua adalah, mungkin dia adalah cewe tipe kedua yang kebetulan berbaik hati ngebales message dari lu :D
Ingat, di tahap ini lu cuma harus menangkap perhatian dia. Berikan pesan yang jelas bahwa “eh gue ini beda dari cowo-cowo yang kemaren ngajak lu kenalan!”. Tapi tetap gunakan cara yang natural. Perkenalkan diri lu seadanya. Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dia lontarkan; “tinggal dimana?”“kerja apa?”, atau mungkin “sekolah dimana?”. Jangan memberikan informasi yang belum ingin dia ketahui.
2. Asking-asking
Di tahap ini lu gali sebanyak-banyaknya info tentang dia. Coba tanyakan hal-hal seperti “hobi lu ngapain?”“suka hangout kemana?”, “lagi sibuk apa?”, dan lain-lain. Dari sekedar pertanyaan lu bisa membuat itu menjadi sebuah bahan pembicaraan yang menarik yang pasti memancing lebih banyak pertanyaan-pertanyaan lagi.
Selain itu, dia juga bisa lebih tahu kepribadian lu cuma dari sekedar melihat cara lu menanggapi dia menjawab, apakah lu pendengar yang baik, apakah lu emang bener-bener tertarik ama dia, apakah lu punya hobi yang sama dengan dia. Bla bla bla. Maka selalu usahakan jujur menunjukkan tanggapan. Jika lu emang tertarik dengan apa yang dia bicarakan, tunjukkan itu. Bila lu ngga tertarik, tunjukkan itu.
Ketika manggil dia, selalu nyebut nama asli dia, atau nama yang memang dia tentukan sendiri sebagai panggilan, jangan sok-sok dekat dan terburu-buru menyebut nama akrab yang lu buat-buat sendiri.
3. We are getting close, huh?
Dari sini lu mulai boleh manggil dia dengan nama panggilan akrab, seperti “eh ndut!” (ceritanya dia emang agak gendut), atau mungkin “eh cantik!” (mungkin dia emang suka dipuji cantik), atau“eh narsis!” (mungkin dia suka poto-poto), atau mungkin “eh tante!” (ceritanya dia agak galak kaya tante-tante), atau “eh kebo!” (ceritanya dia hobi tidur), atau apa aja deh. Makanya di tahap sebelumnya lu harus bener-bener udah mengenal dia, sehingga bisa membantu lu menemukan nama panggilan akrab yang relevan buat dia.
Ingat, jika nama panggilan yang lu berikan tepat, maka efeknya adalah si cewe jadi ngerasa “spesial”. Tapi jika tidak tepat dan dibuat-buat, maka efeknya adalah si cewe malah tersinggung atau ilfeel.
4.I feel comfortable
Nggak bisa dipungkiri, kalo lu udah punya nama panggilan akrab buat dia dan dia suka, pasti hubungan lu berdua udah lebih dari sekedar temen, dan tentu saja lu ngerasa nyaman dengan hal tersebut.
Tunjukkan perasaan nyaman lu itu! Be honest man!
Dengan syarat: setelah dia nunjukin lebih duluan rasa nyaman dia ato ngasi sinyal “eh gw nyaman nih dengan hubungan yang kaya gini!”
5. Lets share some things
Kalian udah saling menunjukkan rasa nyaman dengan hubungan ini… Selamat!
Yang bisa dilakukan di tahap ini adalah, mulailah sedikit curhat. SEDIKIT. Hanya untuk sekedar memberi sinyal ke cewe tersebut bahwa “eh gue udah ngerasa deket nih ama lu, makanya gue ga ragu nyeritain masalah-masalah pribadi gue ke lu.”
Jika lu berhasil ngasih kesan itu, maka si cewe juga bakal mulai curhat ke lu.
Eh masa cowo curhat duluan sih ke cewe? Kan kesannya gimana gitu…
Yang namanya PDKT adalah ajang untuk menunjukkan perbedaan. Jika cowo lain di luar sana setia menjadi pendengar curhat cewe, maka lu harus menunjukkan bahwa “buat gue cewe tuh juga kudu ngertiin kalo hidup gue ada masalah, buat gue cewe tuh harus ada manfaatnya buat gue!”. Yap, dengan lu curhat bukan berarti lu cowo yang ga bisa nyelesain masalah, tapi itu menunjukkan bahwa lu adalah cowo yang percaya bahwa cewe punya kemampuan menyelesaikan masalah, dan itu bisa dimanfaatkan.
Yap, cewe suka dimanfaatkan. Cewe suka merasa berguna demi cowo yang dia suka. Tentang hal ini akan gue jelasin dalam post berikutnya :D
Tapi ingat, justru disini tahap yang paling berbahaya. Jangan sampai tergelincir jadi sekedar “best friend” dia. Itu adalah lubang berbahaya yang harus dihindari bro. Soalnya sekali dia ngasih label “best friend” ke lu, bakal amat sangat susah buat dia ngembangin perasaannya lebih jauh. Karena, dengan meningkatkan status lu dari “best friend” ke pacar, itu artinya dia bakal kehilangan temen terbaik dia.
Ingat rumusnya: curhat SEDIKIT. Terlalu banyak curhat dan mendengarkan curhat akan membuat lu menjadi “best friend” dia.
6. Kopi darat
Sudah sekian lama (atau mungkin sekian jam :D ) lu bertukar masalah dengan dia, saling bertukar solusi, tentu rasa percaya dia ke lu udah cukup besar. Maka untuk meningkatkan hubungan ini, tidak ada jalan lain selain kopi darat. Atau ketemuan langsung. Untuk panduan kopi darat, udah gue jelasin sedikit disini.
Jujur lu pasti deg-degan kalo kudu ketemu dia. Wajar, mungkin dia baru melihat wajah lu di facebook, atau dari foto yang lu kirimkan ke dia. Lu takut kalo dia over-rate terhadap lu. Takut kalo dia nganggep lu ga seganteng ato sekeren di foto :D
Rasa deg-degan ini mungkin tidak akan terlalu besar kalo si cewe udah pernah liat lu sebelumnya.
Yah eniwei, ini adalah sesuatu yang kudu lu hadapi bro, lu cowo! Hadapi apa yang lu harus hadapi! Lakukan apa yang harus lu lakukan! Jangan lupa kalo si cewe juga pasti menyimpan rasa deg-degan yang sama (ato mungkin lebih besar? itu tergantung kesan yang lu berikan selama PDKT).
Ingat prinsip satu ini: cewe ngga mengutamakan penampilan luar, tapi penampilan luar adalah hal yang sangat diperhatikan cewe pertama kali :D
Jadi ketika kopi darat, usahakan pakai pakaian terbaik, kemeja terbaik, aksesoris terbaik, gaya rambut terbaik, dan lain-lain. Si cewe juga pasti sangat memperhatikan penampilan dia ketika bertemu dengan lu pertama kali. Jangan kecewakan dia bro!
Selalu ingat juga bahwa: PDKT adalah soal memberikan kesan! Kalo lu bisa memberikan kesan bahwa lu adalah cowo mahal yang sayang untuk dilewatkan, maka udah dapat dipastikan PDKT tu bakal berhasil. Mau jalur PDKT langsung ato ga langsung, intinya beri kesan yang tepat!
100% SATISFACTION! (what the hell is the meaning? I dont know :D )
Okay… lets try it and, bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar